cover
Contact Name
Fajri Basam
Contact Email
fajribasam@unismuh.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jrpd@unismuh.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Riset Pendidikan Dasar
ISSN : 26151723     EISSN : 26151766     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) [p-ISSN 2615-1723 | e-ISSN 2615-1766] menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa Indonesia dan studi sosial untuk tingkat pendidikan dasar. Jurnal ini menerbitkan studi penelitian yang menggunakan berbagai metode dan pendekatan kualitatif dan / atau kuantitatif di bidang pendidikan dasar. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam ruang lingkup pendidikan dasar.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2: OKTOBER 2023" : 7 Documents clear
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DAN TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS 6 SD Nanda Muftia Dewi; Firosalia Kristin
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 6, No 2: OKTOBER 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v6i2.12704

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah model pembelajaran Numbered Head Together lebih efektif dibandingkan model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPS siswa kelas 6 SD. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Group. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 6 SD pada Gugus Mawar Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 25 siswa dari SD Plumbon 1, dan 21 siswa dari SD Kebowan 2. Hasil pengolahan data menggunakan uji T-test yang menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,004 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together lebih efektif dibandingkan model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPS Siswa kelas 6 SD. Hasil penelitian tersebut dapat dijadikan sebagai referensi guru dalam memilih model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS.
PROSES PENGEMBANGAN POTENSI PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN KONSEP STIFIn DI SD UNGGULAN USWATUN HASANAH CILEGON Fairuz Hasna Safinatun Najah; Encep Andriana; Reksa Adya Pribadi
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 6, No 2: OKTOBER 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v6i2.11239

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali pemanfaatan tes STIFIn dalam upaya pengembangan potensi peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan dasar pelaksanaan dan penggunaan STIFIn di SD Unggulan Uswatun Hasanah Cilegon, menganalisis tindak lanjut dan pengembangan potensi setelah dilaksanakannya tes STIFIn di SD Unggulan Uswatun Hasanah Cilegon, serta menganalisis karakteristik dan keterampilan peserta didik di SD Unggulan  Uswatun Hasanah Cilegon setelah diterapkannya konsep STIFIn. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Subjek penelitian ini yakni Kepala Sekolah, Guru Bidang Kurikulum, Guru Kelas VI, IV, dan II, serta 10 peserta didik dari kelas IV dan II. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan STIFIn sebagai langkah awal pendidik mengidentifikasi potensi genetik setiap peserta didiknya. Kemudian memberikan gambaran mengenai karakter yang perlu mendapatkan perhatian secara khusus untuk dikembangkan. Pendidik juga dapat menentukan metode yang digunakan untuk mendidik. Sekolah berusaha mengasah dan mengembangkan keterampilan peserta didik berdasarkan hasil STIFIn yang dimiliki dengan menyediakan berbagai kegiatan yang dibutuhkan peserta didik melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER SENANG BELAJAR ANAK UMUR 7-9 TAHUN Iin Setiani; Gregorius Ari Nugrahanta
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 6, No 2: OKTOBER 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v6i2.11838

Abstract

Pengembangan karakter senang dalam memplajari berbagai hal anak yang berusia 7 – 9 tahun menjadi tujuan dalam penelitian ini. Pengembangan tersebut dilakukan melalui bermain permainan tradisional yang berjumlah lima permainan. Metode penelitian ini ialah Research and Development tipe ADDIE. Terdapat pihak yang membantu sebagai responden yaitu sepuluh guru tersertifikasi, sepuluh expert judgement dari berbagai bidang, delapan anak dengan rentang usia 7 – 9 tahun sebagai subjek terbatas. Penelitian pengembangan ini memperoleh hasil 1) Langkah-langkah ADDIE menjadi langkah untuk pengembangan karakter anak dengan usia 7-9 tahun dalam hal senang belajar melalui permainan tradisional, 2) Buku yang berisi berbagai permainan tradisional ini memiliki skor 3,89 dengan rentang skor 1 – 4. Artinya, buku tersebut memiliki kelayakan “Sangat Baik”. Maka, “Tidak perlu revisi”, dan 3) Uji signifikansi buku yang berisi permainan tradisional tersebut ialah t (7) = 17,616, dan perbedaan yang progresif p = 0,000 (p 0,05), berpengaruh sebesar r = 0.998. Hal tersebut termasuk “Efek Besar”, sepadan terhadap 99%. Pemerolehan hasil menganalisis buku yang berisi berbagai permainan tradisional, diperoleh 85,14%. Artinya, buku tersebut memiliki efektifitas yang “Tinggi”.
PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS CASE (CREATIVE, ACTIVE, SYSTEMATIC, AND EFFECTIVE) PADA MATERI PENGUKURAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR Destri Destri; Nila Kesumawati; Adrianus Dedy
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 6, No 2: OKTOBER 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v6i2.11881

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar e-modul berbasis CASE (Creative, Active, Systematic, Effective) pada materi pengukuran di Kelas IV Sekolah Dasar yang valid, praktis dan memiliki efek potensial. Penelitian ini menggunakan metode Research and development dengan menggunakan model 4 D (define, design, development, disseminate). Hasil analisis data menunjukan e-modul yang dikembangkan termasuk kategori “sangat valid” berdasarkan lembar angket validasi para ahli yaitu ahli media, ahli materi dan ahli bahasa dengan rata-rata nilai kevalidan sebesar 87,95% dan e-modul yang dikembangkan dengan kategori “sangat praktis” berdasarkan lembar angket respon peserta didik dan respon guru dengan rata-rata sebesar 90,72% serta hasil dari pretest dan posttest peserta didik dikategorikan “sangat efektif” karena N-gain yang diperoleh 0,75 termasuk dalam kategori “tinggi”. Berdasarkan hasil tersebut menunjukan bahwa produk e-modul yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.Kata Kunci: Pengembangan, E-modul, CASE (Creative, Active, Systematic, and Effektive), Materi Matematika
HUBUNGAN PENGGUNAAN LITERASI DIGITAL DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN MUARA SUGIHAN KABUPATEN BANYUASIN Putri Agus Wulandari; Kabib Sholeh; Sylvia Lara Syaflin
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 6, No 2: OKTOBER 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v6i2.11334

Abstract

 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Penggunaan Literasi Digital Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Muara Sugihan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V (Lima) di SD Negeri 3 Muara Sugihan dan SD Negeri 12 Muara Sugihan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian Korelasi. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas V (Lima) SD Negeri 3 Muara Sugihan sebanyak 31 siswa dan siswa kelas V (Lima) B SD Negeri 12 Muara Sugihan sebanyak 25 siswa. Data dikumpulkan dengan menyebarkan angket secara lamgsung kepada siswa SD Negeri 3 Muara Sugihan dan SD Negeri 12 Muara Sugihan. Teknik analisis data yang digunakan adalah koefisien korelasi dengan software SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan antara penggunaan literasi digital dengan hasil belajar siswa kelas V SDN Muara Sugihan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai koefisien korelasi (r)= -0,105 dimana nilai tersebut menjelaskan adanya hubungan negatif lemah antara literasi digital dan hasil belajar siswa kelas V (Lima) pada SD Negeri 3 Muara Sugihan. Selanjutnya pada SD Negeri 12 Muara Sugihan diperoleh nilai koefisien korelasi  (r)= 0,004 yang dimana nilai tersebut menunjukan adanya hubungan positif lemah antara literasi digital dan hasil belajar siswa kelas V (Lima) B.
PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MATEMATIKA PADA MATERI PENYUSUNAN DATA KELAS IV SD Upik Zarina Maharani; Rohana Rohana; Treny Hera
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 6, No 2: OKTOBER 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v6i2.11749

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-modul interaktif yang valid, praktis, dan efektif. Dari hasil observasi lapangan, didapatkan data yaitu matematika masih menjadi mata pelajaran yang sulit, susah, dan sukar dipahami oleh sebagian peserta didik, fasilitas teknologi yang sekolah kurang maksimal, belum ada pengembangan e-modul interaktif mata pelajaran matematika pada materi penyusunan data yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku, dan e-modul interaktif memiliki potensi yang berkelanjutan sebagai alat bantu pendidik dalam meningkatkan mutu dan menuntaskan pembelajaran. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4D ( Definisi, Desain, Pengembangan, dan Diseminasi).). Berdasarkan hasil penelitian kevalidan menurut ketiga validator diperoleh skor 86,8 % kategori sangat valid. Pengembangan e-modul interaktif juga dinyatakan sangat praktis melalui penilaian angket respon peserta didik memperoleh skor 84,8% dan hasil penilaian dari angket respon pendidik skor yang diperoleh 91,6%. Pengembangan e-modul interaktif dinyatakan efektif yang diperoleh skor 79,3% kategori efektif. Dapat diartikan bahwa pengembangan e-modul interaktif dinyatakan valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika terutama pada materi penyusunan data kelas IV SD.
PERAN PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER INTEGRITAS ANAK USIA 7-9 TAHUN Leona Andarista Putri Lesmana; Gregorius Ari Nugrahanta
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 6, No 2: OKTOBER 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v6i2.11779

Abstract

AbstrakPenelitian sudah dilaksanakan oleh peneliti dengan tujuan guna mengembangkan buku pedoman menggunakan permainan tradisional dalam upaya mengembangkan karakter integritas anak usia 7-9 tahun. Peneliti menggunakan jenis penelitian RD tipe ADDIE. Penelitian melibatkan 10 guru yang tersertifikasi, 10 validator dari berbagai bidang, serta delapan anak usia 7-9 tahun. Hasil penelitian mampu membuktikkan bahwa, 1) pengembangan produk penelitian berupa buku pedoman menggunakan tahapan ADDIE, 2) mutu produk dengan skor 3,80 "Sangat Baik" serta "Tidak perlu revisi", dan 3) produk mampu mempengaruhi karakter integritas. Rerata pretest (M = 2.0750, SE = 0.19086) lebih rendah dibandingkan rerata posttest (M = 3.5250, SE = 0.26592). Uji signifikansi t (7) = 13,781, p = 0,000 (p 0,05). Buku pedoman memberikan "Efek besar" yakni r = 0,98 dan sejajar 95,95%. Sedangkan N-gain score 75,52% kategori "Tinggi".

Page 1 of 1 | Total Record : 7